Bagaimana dengan Menggunakan Facebook untuk Branding?
Umumnya orang memakai facebook untuk melakukan interaksi sosial, maka untuk design Branding untuk Facebook adalah membuat konten yang bisa memiliki keterkaitan emosional dengan orang yang menyukai Brand tersebut.
Sebuah Brand bisa dianggap kuat di Facebook apabila banyak yang menyukai sekaligus banyak yang berinteraksi
Maka, kunci dari membranding sebuah produk/jasa di Facebook adalah membuat produk ini semakin banyak dikenal orang ditandai dengan banyak yang Likes untuk fan page nya. Dan hal yang diposting memberikan keterikatan emosional diresponse likes, komen, share.
Kuncinya :
1. Postingannya punya konten yang bagus
2. Ada interaksi
Mengapa perlu interaksi?
Karena dengan memberikan interaksi berupa likes atau mengomentari orang akan merasa dihargai, apabila merasa dihargai maka mereka akan mulai dan semakin membuka keterikatan emosional.
Fan Page yang bagus untuk melakukan branding jika banyak orang berinteraksi, maka keberadaan brand tersebut dapat dikatakan hidup
Praktik membuat Branding Facebook
1. Tentukan emosi apa yang mau kita kaitkan dengan produk tersebut?
Misal jika kita mau mengkaitkan parfum dengan emosi dikejar kejar wanita, maka fan page itu memiliki tema tentang dikejar kejar wanita, misal tips menaklukan hati perempuan, tips menjadi cowok idaman, atau apapun yang nantinya menarik dan selaras dengan Branding dari produk tersebut
Jika mau kaitkan dengan kecantikan bagaikan seorang selebriti, maka fan page nya bisa menceritakan tentang kecantikan, merawat kesehatan kulit, rambut, tips bagaimana menjadi wanita yang elegan di mata pria, dll
2. Jika sudah ditentukan, mulai memposting konten tersebut, konten yang menarik akan mengundang interaksi, konten yang jelek akan diabaikan.
Konten bisa berupa postingan seperti tips, gambar-gambar dan video, semuanya sebaiknya selaras dengan Branding produk atau jasa tersebut
3. Promosikan bisa dengan menambahkan Likes atau mengiklankan postingan tertentu
4. Bangun interaksi dengan fans, semakin hidup sebuah fan page dengan interaksi artinya proses Branding berhasil
5. Dilakukan jangan baca doang... hehehehe...
Membuat Branding tidak sama dengan membuat sales, jika sales tujuannya pada penjualan, Branding lebih kepada membuat ketrkaitan emosional dengan orang yang memakai produk tersebut.
===Selamat Melakukan Branding===
0 komentar:
Post a Comment